Minggu, 01 Januari 2017

sebuah resolusi

wajah terpancar dari seorang remaja yang sedang duduk manis di halaman rumah.  duduk bersila di sebuah undakan dari bata yang memanjang. sesekali tatapannya mengawang ke arah depan ke jalan yang tampak lengang. malam ini adalah malam tahun baru. pikirannya berkecamuk berusaha merefleksikan tahun yang telah dia telah lewati.

bagi dia tahun 2016 adalah tahun transisi. tahun perpindahan kepribadian. pengalaman PPL, KKN, dan perubahan lingkungan pertemanan serta hadirnya pengisi hati benar-benar mengubah karakternya "tahun ini aku mengalami banyak sekali perubahan, bertambahnya kedewasaan dan pengalaman. aku harus bersikap lebih dewasa dan berprinsip di tahun yang baru, begitu gumamnya dalam hati.

tahun 2017 adalah tahun pembuktian. tahun pemantapan bagi dirinya untuk yakin terhadap dirinya sendiri. transisi yang telah dilalui tahun 2016 menjadi acuan bahwa pada tahun 2017 ini dia bisa dengan bangga mengatakan "inilah diri saya yang sebenarnya".

"tahun depan aku harus menjadi lebih dewasa, masa remaja telah lewat. orang harus tahu apa yang ingin saya lakukan dan untuk apa saya melakukan itu. tahun depan adalah tahun dimana orang akan tahu siapa saya sebenarnya". begitu pikirnya mantap.

kini dia beranjak dari halaman rumahnya. melangkah ke dalam rumah. duduk di sofa yang berwarna merah marun di ruang tamu rumahnya. sofa yang sedikit reyot sehingga membuat dia duduk dengan hati-hati. diambilnya note dan pulpen. kemudian menuliskan sesuatu.

resolusi untuk tahun depan.

1. skripsi selesai dan lulus kuliah tahun ini.
2. menulis satu postingan per hari sepanjang tahun. kalau lewat sehari berarti dihutangkan di hari selanjutnya agar genap 365 postingan setahun.
3. mulai menabung untuk masa depan.
4. dan terutama menjadi laki-laki yang lebih dewasa dan bertanggung jawab.

setelah menulis dalam note tersebut, dia robek tulisannya. kemudian beranjak ke dalam kamar. menempelkan tulisannya ke dinding kamar yang berisi catatan-catatan kecil lainnya.

dalam hati dia bergumam, "bismillah, saya siap untuk menjalankan resolusi ini. semoga tahun ini semua yang kita mimpikan dapat tercapai". amin.  

PS: remaja yang dimaksud adalah saya sendiri. Moch. Akbar Maulana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar