Jumat, 27 Oktober 2017

Raditya Dika, Penulis yang mempopulerkan genre baru

Sering membercandai tubuh pendeknya dan susah tersenyum, dia adalah salah satu penulis komedi terbaik di Indonesia. Saya kenal beliau justru bukan dari penulis, dari sebuah pertunjukkan stand up komedi. Waktu itu saya masih SMA kelas 3. Namanya Dika Angkasaputra Moerwani atau lebih dikenal sebagai Raditya Dika.

Lahir 28 Desember 1984, Radit mulai menulis dari kegemaran dia menulis diary sejak SD. “dulu mulai suka menulis karena saya suka baca diary. Waktu SD saya punya temen namanya ridham, dan kami sering tukar diary kami,” kata beliau.
Belajar menulis komedi dengan membaca buku kemudian menggarisbawahi setiap kalimat yang membuat dia tertawa, kemudian raditya mencoba menulis sebuah buku dari buku tulis. Radit menulis buku berjudul Beauty And The Bis Tingkat” dan anehnya malah disukai oleh semua temannya, bahkan hingga gurunya.
Kemudian kegemaran radit berlanjut dengan adanya blog. Radit mulai membuat blog dan berlatih menulis komedi dengan perantara blognya dengan nama blog raditd.blogspot.com. blog ini bahkan menjadi terkenal hingga mendapatkan penghargaan blog terbaik di Indonesia.
Kemudian dari blog tersebut, atas saran temannya, radit menulis buku yang berasal dari tulisan di blog pribadinya. Buku radit pertama berjudul “Kambing Jantan” hingga best seller. Kemudian hingga sekarang radit telah menulis buku sebanyak 7 buku yang seluruhnya best seller.
Seorang temannya radit kemudian meragukan karirnya, penulis tidak akan ada peningkatan karir. “ya jadi penulis itu tidak ada jenjang karir, gak ada naik tangga istilahnya, maka tangganya digeser ke samping, itulah kenapa saya jajal semua yang kira-kira saya bisa raih, kata radit, mengenai alasan dia dari penulis buku kemudian menjadi penulis skenario hingga sekarang menjadi sutradara.

Sekarang banyak penulis yang membawa gaya radit dalam penulisannya. Bahkan saya pernah melihat orang meniru buku radit. Radit hadir membawa gaya baru, dengan judul buku yang unik, jenis penulisan yang jarang, yaitu personal esai komedi, hingga radit banyak berpengaruh bagi semua penulis di Indonesia termasuk saya. 

tulisan ini diambil dari berbagai sumber terutama draw my life di channel youtube raditya dika.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar