Kamis, 02 November 2017

Mental dan ego yang diperlukan atlet

Skill tak berarti tanpa mental yang baik. Ini saya percayai setelah kemarin mendengar tentang team eskull basket sekolah saya.

Mental yang baik adalah tidak ada perbedaan atau penurunan permainan antara berlatih dan bertanding. Tidak terpengaruh oleh atmosfer pertandingan, kondisi lawan dan lapangan. Tetap fokus bertanding seperti yang dijalani ketika berlatih.

Mental ini perlu dilatih dengan apa? Dengan pembiasaan, justru mental ini dilatih dengan sering bertanding. Ketika sering bertanding maka mental terbentuk dengan sendirinya. Karena bertanding adalah latihan.

Memperbaiki mental bermain juga memperbaiki ego pemain. Ego pemain adalah ekspektasi atau bayangan kejadian yang diharapkan terjadi bagi dirinya. Tidak peduli apa yang ada pada lawan. Mereka tetap fokus pada yang diperintahkan pelatih. Ego pemain yang tidak terkontrol dan jalannya pertandingan yang tidak sesuai kenyataan membuat permainan menjadi berantakan dan malah emosi yang bermain. Betapa sering kita melihat ego pemain yang besar membuat mereka tidak menjalankan peran yang diminta pelatih. Mereka akan kehilangan skill karena kehilangan fokus akibat dari emosi yang bermain.

Ini berbeda dengan mental nothing to loose, tak ada beban permainan yang dipegang, tak ada tekanan pada pemainnya. Mereka akan enjoy bermain seperti biasanya. Menang syukur kalah tetap berusaha. Karena yang di cari adalah peningkatan dan fokus pada permainan. Fokus pada perintah pelatih dan fokus pada yang yang harus dan jangan dilakukan. Mereka tidak akan membawa egonya karena mereka sadar, mereka tak membawa apa-apa yang dia biasa. Ada kesadaran rendah hati pada permainannya. Tetap waspada.

Intinya adalah gunakanlah kesempatan berlatih untuk melatih mental bertanding dan miliki kesadaran pada ketidakmampuan kita tanpa pertolongan orang lain. Percayalah pada sistem bukan pada skill. Niscaya kamu menjadi pemain yang lebih berguna tidak hanya menjadi bintang yang kadang bagus kadang jelek. Bagus ketika malam, jelek ketika siang. Bintang kan adanya malam hari doang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar