Kamis, 02 November 2017

NBA sebulan

Tak terasa telah sebulan NBA, kompetisi olahraga basket terbesar di Amerika Serikat berlangsung. Banyak kejutan yang terjadi. Dari mulai juara bertahan dan finalis tahun lalu yang terseok-seok, big three OKC yang mulai berkembang meski tersendat dan celtics yang sedikit meragukan setelah Gordon Hayward, salah satu forward terbaiknya cedera parah. Juga James Harden yang menggila meski kehilangan Chris Paul, tandemnya dengan Erik Gordon sungguh luar biasa.

Ada beberapa catatan menarik dari sebulan berlangsungnya NBA. Setidaknya ada tiga hal yang bisa dipelajari dari permainan team NBA selama bulan ini.

1. Defense yang baik mengalahkan offense terbaik.
Kejutan NBA bulan lalu adalah ketika detroit pistons berhasil mengalahkan golden state, juara tahun lalu. Defense detroit pistons yang luar biasa di laga itu membuat Golden State yang memiliki splash brother ditambah Kevin Durant, MVP final musim lalu, kesulitan. Turn over banyak sekali dilakukan. Akhirnya detroit pistons memenangkan game dengan cukup telak.

2. Center yang mampu mencetak 3 point.
Hal yang menarik lain dari NBA tahun ini adalah semakin berkembangnya peran center. Center-center seperti marc gasol, demarcos cousin, dan blake griffin membawa gaya bermain baru bagi center. Mereka bermain di berbagai posisi. Tidak berada di paint area saja. Bisa nembak three point, bahkan menjadi buzzer beater seperti blake griffin hingga masuk ke dalam paint area dengan kekuatan tubuhnya. Lengkap sudah area posisinya. Center tradisional yang hanya diam di paint area seperti lamarcus aldridge, deandre jordan dan clint capela menjadi sesuatu yang dirindukan oleh penggemar, termasuk saya. Tapi sebuah perkembangan permainan yang bagus.

3. Teamwork better than skills player.
Salah satu penyebab Cavs agak kesulitan musim ini adalah terlalu dominannya peran Lebron James dalam timnya. Dengan cederanya isiah thomas, dan sempat danny rose. Lebron James menjadi point guard dadakan. Ini sebuah usaha yang sebenarnya merepotkan King James sendiri. Selain itu, saya merasa Cavs karena (mungkin usia pemainnya yang uzur) dari segi kecepatan permainan sedikit kurang sehingga melawan permainan cepat agak kewalahan.

NBA telah berlangsung sebulan, dan saya sudah tak sabar apa yang terjdi kedepannya. Kejutan bulan ini adalah di masing-masing wilayah juaranya adalah memphis grizzles dan Detroit pistons. Mari kita nikmati lagi NBA bulan selanjutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar