Jumat, 01 Maret 2019

Belajar Sejarah dari sisi berbeda

Sejarah diciptakan oleh para pemenang. Itu idiom umum dari para sejarawan.

Berbicara sejarah tak lepas dari latar belakang penulisnya. Bagaimana sikap penulis terhadap penulisan sejarah tergantung gagasan yang terkandung di dalamnya. Maka, dalam beberapa buku sejarah selalu memunculkan kontroversi perihal kebenarannya.

Itu tentu saja menjadi polemik, apabila bahasan sejarah berkaitan dengan politik. Bagaimana pengetahuan sejarah kita dibangun dari buku pelajaran yang dibuat Negara tentu saja berpengaruh pada sikap terhadap sejarah.

Itu juga termasuk kontroversial. Seperti bagaimana kita ketahui mengenai gambar wajah Tjut Nyak Dien yang sebenarnya. Sempat menjadi polemik saat itu.

Berbeda dengan hal itu, Buku Pasar Gambir, Komik Cina dan Es Shanghai cukup ringan sebagai bacaan sejarah. Buku ini bercerita dengan kultur budaya pop yang terjadi di Jakarta tahun 1970an. dan terasa asyik mengikutinya.

Diambil dari berbagai esai penulisnya. Buku ini terasa lengkap secara bentuk.  Hal ini berbeda misalkan dengan buku sejarah yang terasa umum begitu berat dan politis.

Ini justru memberikan tawaran pandagan politik yang berbeda. Jadi Buku ini cukup layak dibaca bagi khalayak umum yang tertarik sejarah.
#RCO #ReadingChallengeOdop
#Tantangan2Level3

1 komentar:

  1. Use this diet hack to drop 2 lb of fat in just 8 hours

    Over 160 000 women and men are hacking their diet with a simple and SECRET "liquid hack" to drop 2 lbs each night as they sleep.

    It's painless and it works every time.

    This is how you can do it yourself:

    1) Grab a glass and fill it half the way

    2) And then follow this proven HACK

    so you'll be 2 lbs thinner when you wake up!

    BalasHapus